Koreksi Bugs Pada Sistem Keamanan Google

google security system

Bugs Sistem Keamanan Google - Saya mengerti jika sistem keamanan google bukanlah sistem keamanan yang sembarangan. Saya mengerti perusahaan sebesar ini tidak mungkin tidak mempunyai sumber daya yang berkualitas, bahkan bisa dibilang adalah orang-orang pilihan dari semua orang terpilih di dunia. Namun seberapa hebat perusahaan sudah pasti ada kekurangan nya, karena perusaaan ini tidak di bangun langsung oleh Tuhan yang penuh kesempurnaan.

Latar Belakang Kejadian

Hal ini terjadi beberapa bulan yang lalu ketika saya mulai ingat untuk kembali aktif di akun Google yang sudah saya pelihara bertahun-tahun karena dalam satu tahun (2015-2016) itu saya sibuk dalam pengerjaan semester akhir kuliah saya. Saya pernah mengganti password pada saat saya berada di jalan dan dalam kondisi sedang banyak urusan yang harus di urus pada hari tersebut. Seperti yang sudah bisa di tebak, disaat kondisi kalut terjadilah kejadian yang tidak di inginkan para user yaitu Lupa Password

Sistem yang menyulitkan

Seperti biasa, jika kita bermasalah dengan akun kita pasti berusaha melakukan pembetulan akun yang dari setiap perusaaan mempunyai caranya masing-masing. Hal ini dilakukan demi sistem keamanan yang bisa membawa nama baik perusahaan. Semakin susah diretas maka perusahaan tersebut semakin memiliki pamor yang hebat dimata perusahaan IT dunia lainnya. Namun seperti yang sering dikatakan oleh dosen saya bahwa:
Semakin kita berusaha ingin sistem kita aman, maka semakin sulit proses yang kita alami. Karena keamanan itu merepotkan
Tapi sistem keamanan google pada saat ini adalah sistem yang benar-benar menyulitkan, karena mereka tidak banyak memberikan alternatif-alternatif lain yang dapat dilakukan oleh user yang bermasalah. Saya bukan orang yang jenius seperti bapak-bapak yang ada di silicon valley sana, namun saya berbicara sebagai pengguna yang mengalami masalah yang mentok tidak bisa saya selesaikan selama berbulan-bulan, padahal ini adalah masalah yang sangat disesalkan.

Cara masuk akun google yang bermasalah

Dari kasus yang saya alami (forgot password google account) Sistem keamanan google untuk melakukan forgot password pada saat ini (2017) yaitu mengutamakan "Alamat Email Alternatif", yang untungnya saya masih ingat pada Nomor telpon recovery dan pertanyaan keamanan. Hal yang sedikit mengganggu yaitu ketika:
Masalah Utama:
Semua pertanyaan, semua tahapan, semua cara,.. sudah dilalui. Namun tetap pada akhirnya mereka meminta alamat email alternatif!

Saran untuk recovery akun

Setiap kritik pasti ada saran, walaupun saran ini JELEK dan sudah basi, atau malah tidak masuk akal dan bentrok dengan jalannya sistem yang sudah di analisis oleh para sistem analyst google sehingga membuat mereka mencibir. Namun tetap saja pengguna adalah pelanggan, walaupun hanya saya seorang (bagian terkecil dari aktor sistem) namun saya merupakan bagian dari sistem pendukung majunya perusahaan. Dan saran adalah masukan yang bisa digunakan atau tidak sesuai dengan kebijakan perusahaan.
Semua pertanyaan, semua tahapan, semua cara,.. sudah dilalui. Namun tetap pada akhirnya mereka meminta alamat email alternatif!
Karena hal terpenting dari sistem google sekarang ternyata Nomor HP dan Email Recovery sebaiknya:
  1. Pada form pendaftaran, Nomor HP dan Email Recovery tidak dibuat Opsional, namun Required
  2. Terdapat keterangan dengan huruf besar di bold untuk memasukan Nomor HP dan Email Recovery ketika seorang pengguna baru ingin melakukan pendaftaran. Dan saran untuk mencatat data akun di tempat yang paling aman bagi user.
  3. Pertanyaan pada sistem keamanan sebaiknya ditambah. Alangkah baiknya dihubungkan dengan query-query akan informasi fasilitas google yang mana saja yang sudah digunakan oleh akun pengguna yang bermasalah tersebut. Contoh: Jika menggunakan fasilitas blogger, tanyakan blog apa saja yang sudah dibuat. Atau fasilitas youtube, Channel apa saja yang sudah dibuat. Dengan begitu seorang pengguna aktif mempunyai pilihan yang lebih luas dalam melakukan recovery akun
  4. Dan yang terakhir, berilah kesempatan kepada user untuk melakukan forgot password via call center. Bukankan setiap perusahaan mempunyai call center? atau setidaknya mempunyai bagian teknis yang bisa di kirim email untuk memecahkan masalahnya. Bukan hanya sekedar lewat forum dan kontributor google yang aktif
Mohon maaf bahwa sekali lagi saya katakan bahwa saran tetaplah hanya saran, mungkin 100% para googlers mencibir saran ini. Karena sesuatu dan lain hal. Namun ini selayaknya hanya masukan dari bagian yang paling kecil dari sistem google yaitu saya.

Penutup

Bagi teman yang telah selesai membaca artikel ini dari awal sampai akhir, sebaiknya benar-benar memperhatikan hal krusial yang belum ditekankan pada sistem google yaitu pentingnya Nomor HP dan Email Recovery. Bahkan mungkin jauh lebih penting daripada Primary Email dan Password :D

0 komentar:

Posting Komentar