Jangan menggunakan Aplikasi Clean Master di Android

Aplikasi Clean Master Android

Kekurangan/Kelemahan Aplikasi Clean Master - Artikel ini bukanlah sebagai provokasi supaya anda tidak menggunakan aplikasi clean master, namun artikel ini dibuat hanyalah sebagai review pribadi saya sendiri (alias curhat) dengan kondisi yang sesuai dengan kondisi yang saya alami tentunya. Jadi mohon maaf untuk pihak tertentu semoga ini justru bisa memberi masukan, dan bukan malah sebaliknya.

Sekilas tentang aplikasi pembersih android

Aplikasi seperti ini biasanya merupakan aplikasi Task Killer, atau dalam bahasa sehari-harinya yaitu "bikin berhenti aplikasi yang sedang berjalan", pada kenyataannya jika Aplikasi yang sedang berjalan di bikin berhenti maka anda akan mengalami loading yang lama ketika membuka baru aplikasi yang tadi sudah anda bikin berhenti. Satu hal yang harus kita sadari bahwa pada update android versi modern (2.1 keatas, sekitar 98% dari semua Android), sudah dilengkapi dengan fitur semacam proses untuk melegakan RAM ketika sistem Android mengira RAM-nya terlalu sesak. Proses ini sangat mulus, sehingga pengguna awam tidak menyadarinya.

Kelemahan Clean Master

Jika yang anda permasalahkan adalah masalah RAM, sebenarnya kita harus mengetahui dulu sebenarnya RAM itu apasih? RAM merupakan sebuah tempat penampungan aplikasi agar lebih mudah dipanggil dan diproses oleh prosesor. Jadi dengan kita menggunakan sebuah aplikasi task killer, kita sebenarnya membuat semua aplikasi-aplikasi aktif terhapus dari RAM, sehingga ketika sang prosesor disuruh memanggil sebuah aplikasi, ia harus mengambil dari media flash lagi.

Kekurangan/Kelemahan Clean Master Menurut Saya

Ada 3 kategori "alasan" untuk menggunakan Cleaner Android yang biasa kita perhatikan untuk performance android kita yaitu:
- Bikin cepat aplikasi
- Bikin batre lebih hemat
- Bikin memori bebas

Tidak banyak hubungannya alasan saya tidak menggunakan aplikasi clean master ini sebagai aplikasi cleaner android saya seperti panjang lebar penjelasan yang telah kita bahas diatas, namun ada hal lain yang lebih penting bagi saya untuk tidak menggunakan aplikasi Clean Master, yaitu sebagai berikut:

  1. Terlalu banyak iklan
  2. Terlalu memaksa untuk menggunakan produknya
  3. Aplikasi terlalu banyak memakan space
  4. Alasan seperti diatas mengenai task killer
  5. Kenyataannya bukan hanya pembersih, namun banyak aplikasi pendukung yang harus kita install lagi
Kelemahan Aplikasi Clean Master
Jadi saya lebih memilih menggunakan aplikasi yang lain saja deh daripada dibikin sakit hati oleh regulasi clean master yang terlalu banyak jebakannya. Seperti sekarang saya hanya menggunakan aplikasi untuk junk cleaner, atau pembersih sampah file yang tidak berguna di dalam storage android kita.

Kesimpulan

Pilihan di tangan anda, saya cuma review dan saya lebih memilih tidak menggunakkan aplikasi cleaner yang katanya nomor satu di dunia ini. Silahkan anda tanya-tanya lagi ke ahli android yang bisa anda percaya, (jangan dari google biasanya cuma copas). Jelas yang paling bikin saya malas karena sistemnya yang tidak fair tersebut. dan tetap dalam alasan apapun saya harus menghemat space handphone android saya agar bisa digunakan untuk aplikasi atau file yang jauh lebih berguna, daripada dihabiskan oleh aplikasi-aplikasi yang pada kenyataannya bikin android saya jadi lebih berat. Jadi bagi saya (dan untuk saya sendiri) mending jangan deh menggunakan Aplikasi Clean Master di Android.

66 komentar:

  1. Aplikasinya tdk memaksa utk menggunakanya bos

    BalasHapus
  2. Clean master tdk memksa utk menggunakan aplikasibyg ada didalamnya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemaksaan secara tidak langsung mas. Dengan cara menjebak dan memasukan user ke dalam sistem yang telah di rancang supaya kita menggunakan produk2nya. Tapi kurang tau sekarang, karena saya sudah tidak menggunakannya lagi. Jika sistem nya sudah berubah, mohon di infokan :)

      Hapus
    2. Maksudnya memaksa adalah, terkadang ketika browsing muncul page HP anda terkena virus, terkadang ada timer, padahal normal2 saja hpnya.

      Coba buka wikipedia cheetah mobile, cari bagian yg plg bawah.

      Hapus
    3. Ente gak sadar ya.... !!!

      Hapus
  3. Gan, saya mau delete clean master nih. Kalau sebelum dibersihkan saya mau delete data dari clean master caranya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya apaan tu gan, ga ngerti kata2nya

      Hapus
  4. Jadi menurut ente..junk cleaner terbaik apa gan?

    BalasHapus
  5. Menurut ente,junk cleaner terbaik apa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang etis kalo di publish disini gan. mending ente coba googling dulu deh. banyak kok, intinya gak kayak yg ane tulis di artikel. tapi kalo ente cocok sama clean master, pake aja gan. itu cuma sekedar opini ane kok. ga ada niat buat nyuruh siapapun biar ngga make. ane cuma curhat dari yg ane rasain aja.

      Hapus
    2. Buatku sih ga ada junk cleaner yang bagus. Paling bagus kalo kita bersihin sendiri, via setting.

      Hapus
  6. Jebak menjebak mah ya trgntung usernya aja.. sepinter2nya user.

    BalasHapus
  7. Setuju banget sama Mas, saya kecewa sama Clean Master yang andal dalam menghapus sampah tapi payah dalam menghemat daya baterai...

    Ini komentar yang saya kirimkan ke apps Clean Master via Play Store:

    "Masa baterai HP saya tetap berkurang cepat 4% setiap pemakaian lama (kalau dibiarin selama kurang dari 30 menit), tapi pas cek penghematan daya, katanya "status baterai baik" & "tidak ada aplikasi yang kelebihan penggunaan"... Buat apa ada fitur penghemat daya kalau masih belum bisa menghalau pemborosan baterai?"

    Lalu saya kasih bintang 2 ke mereka, tanda kekecewaan saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin fitur penghemat daya baterai hanya cocok untuk dipakai pada android versi tertentu saja atau hal-hal lain diluar analisa mereka dalam membangun aplikasi clean master, dan mereka masih lalai dalam melakukan perbaikan/update sistem dari bugs-bugs tersebut. Memang tidak ada aplikasi/sistem yang sangat sempurna di dunia ini. Semoga dari apa yang mas kirimkan (komentar dan rating) menjadi masukan bermanfaat buat mereka :)

      Hapus
  8. namanya jg aplikasi gratis...
    klo ada yg lebih bagus disebutin donk

    BalasHapus
  9. Jempol artikelnya masbro.. Agree !!

    BalasHapus
  10. Setelah ane hapus Si CLean master, Handphone jadi lebih smooth dan lancar boss !!

    BalasHapus
  11. junk cleaner yb baik apa pak bos. tolg infonya. krna saya juga gk pasang clean master (gk suka)

    BalasHapus
  12. betul bosss saya juga gak pake clen master cos pas aku instal tu clen master hp ku malah panas banget dan lebih lelet, begitu ku hapus malah sippppp..... next...

    BalasHapus
  13. betul bosss ane juga gak pake, karena bikin panas hp tu aplikasi

    BalasHapus
  14. betul boossss aku juga gak pake tu aplikasi karena bikin panas hp,,,

    BalasHapus
  15. Sebenernya ane agak setuju tp di sisi lain gak setuju jg gan..
    Setujunya soal clean master emang menguras batery, dan itu agak mengganggu ane yg tadinya tahan 12jam tp skrg jd cuma ampe 10 jam doang.. wajar si tiap ada junk baru pasti clean master memenuhi notif bar (ngalahin notif messenger & sms ane yg berdebu)

    Tapi toh clean master emang bukan aplikasi buat mengawetkan batery :v overall clean master msh baik kalo dalam hal menghapus junk/cache.. dan karna hp ane ram 2gb, jd gak ada pengaruh jadi lelet. emang ada fitur booster si, tp booster sendiri kan gunanya cuma ngebooster, bukan menahan aplikasi biar hibernate otomatis, jd sifatnya itu hanya sementara, kalo mslh mlah ngebikin aplikasi yg dibooster pas dibuka lg jd lelet si kayanya tergantung ram dan prosesor perangkat kitanya :D

    Tapi nice artikel kok 👍 berpendapat gak ada salahnya hihi

    Sebenernya ane jg udh uninstall clean master wkwk

    BalasHapus
  16. Whahahaha...

    Wokeee lah... Ayo uninstall CMnya...

    BalasHapus
  17. Setuju bos.. CleanMaster sekarang bukannya bikin ringan, malah makin berat. Apalagi iklannya aduh kayak media informasi saja. Kuota ku cepet abis, suka ngambil data diam2 tanpa sepengetahuan. Coba liat iklannya kalah koran tempo

    BalasHapus
  18. Tq infonya donk... Terbaik mas...

    BalasHapus
  19. saya sering mendapat keluhan dari pelanggan yang suka mengisi aplikasi android setelah di cleaner malah :
    1. ada yang camera erorr
    2. sinyal hilang
    3. aplikasi rusak semua
    4. tidak bisa instal aplikasi karena semua aplikasi di sangka virus

    BalasHapus
  20. Numpang curhat juga ya mas/mbak..... Pertama menggunakan smartphone tanpa persetujuan dari saya, "Clean Master" sudah terpasang di smartphone android saya. Fungsi aplikasi ini yang saya ketahui membersihkan berkas sampah dan tambahan kegunaan lainnya seperti percepat perangkat, anti virus, menghemat batrai, hibernasi serta mendinginkan CPU. Saya yang tergolong baru dalam menggunakan smartphone pastinya senang dengan banyaknya manfaat yang ada pada Clean Master.
    Namun setelah saya cari tau dari berbagai sumber dan pahami benar-benar walaupun kelebihannya lebih banyak dibanding aplikasi serupa, sebagai pengguna Clean Master aplikasi ini menurut saya tidak baik untuk dipasang karena banyak keluhan yang saya dapat dari aplikasi yang menjengkelkan ini. Keluhan yang saya dapat malah dari kelebihan Clean Master itu sendiri, seperti:
    _Berkas Sampah: Saat menghapus berkas sampah selalu menuju iklan, hal ini membuat saya merasa dipaksa secara tidak langsung karena setiap kali menggunakan fungsi ini selalu menampilkan iklan2 yang menganjurkan untuk menggunakan produk2 dari CM (Clean Master) dan beberapa fitur lainnya juga begitu. Jelas ini membuat saya jengkel karena tidak hanya menggangu tapi juga menguras kuota internet saya. Hal lainnya adalah besar berkas sampah yang dipindai bisa sampai ratusan Mb (Megabyte) bahkan mendekati Gb (Gigabyte) ini sangat tidak wajar karena hanya sedikit sekali ruang kosong yang bertambah pada penyimpanan ponsel maupun kartu SD saya.
    _Antivirus: setelah digunakan langsung menuju iklan dan lebih parahnya lagi saat memindai virus yang ditemukan tidak dapat dihilangkan, lalu muncul notifikasi harus mengunduh/mendownload CM Security agar virus bisa terhapus. GILA!!$%@# Saya tau itu cuma akal2an si CM aja buat promosi biar produknya yg lain ikutan digunakan.
    _Hibernasi: Aplikasi yang berjalan bisa diberhentikan secara manual, kalau dari smartphone saya bisa dilakukan dari Pengaturan/Setelan Aplikasi, namun karena penasaran saya coba menghibernasikan aplikasi dengan Clean Master. Alhasil aplikasi yang dihibernasikan lewat CM tetap saja berjalan. Aduh..... capek ngetik, tidak bermagsud menjatuhkan cuma ikutan curhat.
    Sialnya di smartphone yang saya sekarang pakai, si CM tidak bisa di uninstal ataupun dihapus secara total!! Kalaupun bisa katanya sih harus diroot dulu, (saya sih gak pernah coba). Walau tidak bisa dihapus total namun masih bisa di nonaktifkan, dan yang jelas Cleaner LICIK ini tidak akan pernah saya akui sebagai Cleaner no.1 didunia. Menurut saya Cleaner terbaik hanya CCLEANER yang dari dulu selalu memuaskan dan terpercaya.

    BalasHapus
  21. Min dihp saya (mi4 c) clean master menjadi apps bawaan dan ngga bisa di uninstal, saya setuju banget sama review nya admin. Tolong sarannya dong buat uninstal clean master dihp saya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya juga pakai xiaomi, tapi clean master di xiaomi tidak ada iklannya, dan hanya fitur pembersih saja yg ada, klau buat pengghemat battery dll, semuanya bawaan xioami

      tapi klo mas mau hapus, bisa aja,
      pertama HP harus di ROOT,kedua install System app remover , banyak kok di APPstore.
      CMIIW,

      Regards

      Hapus
  22. Jadi Antivirus junk cleaner yg bagus apa min

    BalasHapus
  23. iya min?apaan dong junk cleaner virus yang mantap?

    BalasHapus
  24. CM man buat HP jdi overheat men,barre jga jdi cepet abis..

    BalasHapus
  25. bnr bangt sy jg baru mingu kmaren deket CM nya.hp panas sampah banyak trs.banyak bgt iklan yg masuk.jadi malas pake y gan

    BalasHapus
  26. saya stuju bangt emng bnr smnjak pake Clean master hp.jd cpt lbih panas jg lmot

    BalasHapus
  27. ane setuju sama admin.. sebab ane juga ngerasain efeknya makek aplikasi Clean Master.. terllu banyak iklan.. parahnya lagi.. hp jadi sering download aplikasi sendiri.. awalnya ane pikir hp kena virus.. tapi setelah Aplikasi CleanMaster dan CMsecurity ane uninstall.. alhamdulillah tidak pernah ada iklan dan hp tidak pernah download sendiri lagi... ane saranin pakek aplikasi yg berkapasitas kecil.. turbo cleaner, atau Uc booster..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan Pak AM, sekarang saya punya masalah dengan meng-uninstall itu aplikasi... Karena sdh coba unindtall di playdtore tetep ada itu aplikasi CM....bisa kasih prncerahan Pak...saya pakai Asus...salam

      Hapus
  28. Klo sàya pkek anti virus avg bagus gak(gak pakek CM)

    BalasHapus
  29. setuju apa kata admin!saya pke zenfone 2 ram 4gb, udah 3 bulan yang lalu saya menghapus apl clean master gara-gara iklannya terlalu banyak,dan file CM banyak memakan ruang memory di perangkat saya... kalau soal review tips&trik saya suka itu klo adminnya suka membahas curhat tentang teknologi,android,dll..

    BalasHapus
  30. Gan hape gue udah Prmanen cleanmster nya nghapusnya gimana..
    bnyk yg bilg klo apliksi ini nyedot data sdikit dmi sdikiy

    BalasHapus
  31. Cara uninstal di hp asus gimana ya? Kan cm aplikasi bawaan jdi cuma bisa nonaktifkan dan dipaksa berehenti,, kalo di pakasa henti apl gk hilang di hp, tlng infonya

    BalasHapus
  32. Cra menghpus cm di hp asus gimana broo, cm di di hp asus bawaan, cuma bisa uninstall sama paksa henti, kalo di paksa henti tpi gk hlng di hpnya

    BalasHapus
  33. gan ...
    tp sekarang ada clean master lite...
    gimana tuh ...
    memang sih kalo clean master yg gx ada lite bikin lemot hp apalagi yg ram nha d bawah 1 gb sprti saya ini samsung v...
    pas masang yang katanya orang2 bagus memang pertama saja ok eeeh ke sana sana nha malah an lemot bener2 lemot banheeet...
    y udah saya hapus ajha cm nya..
    eeh jdah lama lama... ada yng baru cm lite... itu lumayan looh... tp yaa gx tau itu membuang sampah atau gx...
    jadii gan clean yang jos apa..????

    360lite.. cmaster.. cclean.. du.. dll..
    apa tuh gan yg joos..????
    ato yg lainnya.. butuh pencerahan..

    BalasHapus
  34. Ane sependapat sama ente bray

    BalasHapus
  35. Ane sependapat ama ente brayyyy..👍

    BalasHapus
  36. Betul sekali. Udah ane coba dulu di hp samsung. Stiap pembersihan si lemparin ke playstore. Apa apaan.hehehe

    Blum lagi sering iklannya sekali muncul.hehehe

    BalasHapus
  37. Ane pakai Tap Cleaner. Cukup ringan sih gak seperti Clean Master.

    BalasHapus
  38. cara uninstall clean master tanpa harus root gimana???

    BalasHapus
  39. gimana cara buat uninstall CM tanpa harus di root dulu???klo cuma dinonaktifin tetep aja menuhin memory tlpn...tolong solusinya

    BalasHapus
  40. Jadi , aplikasi pembersih yang mutakhir apa nih agan ?

    BalasHapus
  41. kalau mau buat sendiri aplikasinya...hahaha

    BalasHapus
  42. Aku pakei htc one M9. Applikatie pembhersih (bawaawn htc: clean master). Dari sisi positiv: sempurna dlm membhersihkan sampah, & hibernatie. Tp kelemahawn-nya:
    1. Tak mampu mempertahankan hibernatie. Begitu netral, banyak applikatie yg terkonnect (kmbali berzalan dy latar blakang). Effect-nya terhdp phonsell: cepat panas, boros strum, sampah makin menumpuk lg, lalu lemot/ lellet.
    2. Terlalu banyak iklan. Jg agak memaksa kita,& menggiryng nyank applikatie/ product tertentu.
    Kesimpulawn:
    1.Hasil kerja clean master, tak awet (bertahan sbentar).
    2. Cara yg aku pilih adlh menambah, atao pakei applikatie yg lain (pembhersih sampah). Sa'at ini (smpei tgl 25 Juni 2017), aku pakei Boost+ yg dari HTC Corporation. Hasik krja: lumayan (ada kemajuawn) buath phonsellku htc.
    "Rerre Inge #BBM: D93FB.743"

    BalasHapus
  43. Betul sekali...cm mengandung virus

    BalasHapus
  44. Pokok nya jangan suka nengok bokep.. aman tu hp agan dari virus...

    BalasHapus
  45. Nggk kok bagus penyimpanan jadi befkurang juga

    BalasHapus
  46. kaya nya gx bisa klo tanpa root itu sih setahu saya

    BalasHapus
  47. Betul bos rekaman saya juga di smule hilang karena clean master

    BalasHapus
  48. Betul bos rekaman saya juga di smule hilang karena clean master

    BalasHapus
  49. setelah saya uninstall, HP saya malah lebih kenceng, ga hang lagi
    padahal HP jadul plus 35 grup WA, sebelumnya ampun dah

    BalasHapus
  50. saran saya kalo hp lagi terkena virus, berat, atau lainnya installah apk ini. aku tadinya hp ku sepertinya kena virus, layarnya tidak mau mati otomatis layarnya, lalu aku instal jadi bisa mati otomatis lagi layarnya. tapi kalo sudah selesai, saran saya mending di uninstal lagi. karena apk ini malah bikin hp panas, karena berjalan terus di background.

    BalasHapus
  51. Saya tak pakai aplikasi apapun untuk menghapus sampah di Android. Tinggal masuk ke pengaturan scoll ke bawah pilih data dalam cache n hapus. Gampang bukan??

    BalasHapus