Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Singkawang

Aplikasi Sistem Informasi Kota Singkawang Berbasis Android

Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Singkawang - Sudah berapa bulan yang lalu saya ketagihan sama Material Design nya Google yang mengantarkan saya untuk melakukan inovasi-inovasi di bidang disain pada aplikasi android yang pada akhirnya terciptakan aplikasi sistem informasi pariwisata kota singkawang.

Sedikit Curcol Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Singkawang

Pada awalnya hanyalah iseng, karena blank-nya materi di dalam otak. Lalu setelah membuka lagi blog saya yaitu Blog Singkawang langsung terpikir untuk menciptakan aplikasi sistem informasi pariwisata di kota singkawang yang berbasis android sebagai operating system nya.

Saya kurang tau apakah ini kebutuhan orang apa bukan, karena saya belum menemukan data yang real/pasti tentang kunjungan wisatawan baik lokal kalbar, lokal indonesia, maupun mancanegara karena mungkin posisi saya yang tidak tinggal di kota singkawang ini. Namun saya ingat beberapa bulan yang lalu pernah melihat sensus kunjungan wisata dikota singkawang pada salah satu situs statistik nasional yaitu BPS yang memberikan informasi tentang jumlah kunjungan wisata di kota singkawang, dari situlah awal mula terciptanya "ke-isengan" membuat aplikasi andoid untuk sistem informasi pariwisata kota singkawang.

Screenshot Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Singkawang Berbasis Android

Aplikasi yang saya buat menurut saya masih dalam standard dibawah garis kemiskinan"jelek banget" karena mungkin saya newbie di dunia develop aplikasi android, namun saya pede akan fitur yang di tawarkan dapat membantu orang asing atau luar kota yang berkunjung ke kota singkawang.

Aplikasi Sistem Informasi Kota Singkawang Berbasis Android 1
Tampilan Splash Screen di Awal Pembukaan Aplikasi


Aplikasi Sistem Informasi Kota Singkawang Berbasis Android 5
Tampilan Halaman Muka Aplikasi 

Aplikasi Sistem Informasi Kota Singkawang Berbasis Android 6
Tampilan Aplikasi Ketika di scroll/geser ke bawah

Aplikasi Sistem Informasi Kota Singkawang Berbasis Android 2
Tampilan Objek Wisata Singkawang

Aplikasi Sistem Informasi Kota Singkawang Berbasis Android 3
Tampilan Penginapan Singkawang ( Maaf salah naroh gambar tuh ^^V )

Aplikasi Sistem Informasi Kota Singkawang Berbasis Android 4
Tampilan Kuliner ( Salah naroh gambar lagi ^^V )
Fitur pada aplikasi ini menampilkan informasi kota singkawang, yaitu:
  1. Objek Wisata
  2. Penginapan di Singkawang
  3. Kuliner Singkawang
  4. Peta Singkawang

Kendala dalam Membuat Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Singkawang

Kendala pertama:
Yang saya hadapi dalam pembuatan aplikasi ini yang terbesar adalah masalah DATA. iya kurangnya data membuat aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Singkawang sampai hari ini belum bisa di launching, karena saya tidak tau harus cari dimana data-data yang lengkap tersebut, kalaupun sudah tau tempat mencari datanya..posisi saya juga sekarang lagi tidak di kota singkawang. Gimana dunks !?

Kendala kedua:
Pengennya sih bikin aplikasi ini mempunyai chatting di dalamnya, namun terlalu ribet di integrasinya sama GCM, tulisan tentang GCM ini sudah saya publish pada artikel Mengenal Aplikasi, Fungsi, dan Apa Itu Layanan Google Cloud Messaging

Kendala ketiga:
tidak ada.

Kendala ke-empat:
juga tidak ada.

Kendala kelima:
sudah pasti tidak ada.

Fungsi Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Singkawang

Secara fungsional bagi saya aplikasi ini bukan sekedar sebagai sistem informasi untuk orang luar/asing yang bukan penduduk singkawang saja, namun aplikasi ini juga berfungsi untuk informasi kepada warga lokal yang belum mengetahui semua tentang aset pariwisata di kota singkawang. Maklum orang "katro" (oknum biak singkawang) zaman sekarang lebih senang sama budaya luar, biar keren katanya. Kadang saudara yang berada diluar kota singkawang juga ingin tau banyak tentang kota singkawang, disitulah aplikasi ini bertindak.

Akhir Kata

Ingat, aplikasi ini bukan ajang untuk mencari proyek !! atau UUD lainnya, aplikasi ini dibangun atas dasar ingin mengembangkan budaya dan wisata lokal di tanah tempat kelahiran saya. Kalaupun nantinya akan menjadi duit, ya alhamdulillah. Namun itu bukanlah tujuan pembuatan aplikasi ini. Tolong jangan punya pemikiran dikit-dikit proyek, dikit-dikit duit. Hidup tidak melulu soal duit (baca: uang), duit akan datang ketika kita banyak membantu orang.

Semoga Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Singkawang Berbasis Android ini kedepannya bisa launching dan digunakan oleh semua orang dan bisa bermanfaat. Oh iya kalo ada saran tambahkan di kolom komentar ya..

4 komentar:

  1. om, makasih nih atas artikelnya. bagus banget ni
    sya pengen belajar tentang cara pembuatanya ,bisa ga om :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, tapi saya juga masih belajar. Dan belajar nya otodidak lagi :)

      Hapus
  2. tolong hubungi saya di 085231492008

    BalasHapus